Berita

Tingkatkan Kredibilitas, Uk Petra Ikuti Akreditasi Internasional Aun-qa

Blog Single

Setelah beberapa kali memperoleh status akreditasi A, dari BAN-PT, Universitas Kristen Petra (UK Petra) berkomitmen untuk terus meningkatkan kredibilitas dan kualitas pelayanannya di bidang pendidikan tinggi, salah satunya dengan akreditasi/asesmen internasional. Kali ini, UK Petra mengikuti asesmen internasional ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Reputasi AUN-QA telah dikenal amat baik, sebagai sebuah lembaga yang memiliki otoritas untuk melakukan asesmen dalam hal Quality Assurance untuk perguruan tinggi di ASEAN.

“Keikutsertaan UK Petra dalam asesmen AUN-QA ini membuka peluang bagi UK Petra untuk menerima masukan-masukan konstruktif dari para ahli atau rekan sejawat dari berbagai perguruan tinggi di ASEAN, yang ditunjuk sebagai asesor AUN-QA. Hal ini amat penting, agar pengembangan UK Petra ke depan bisa lebih terarah, dan secara signifikan meningkatkan kualitas belajar-mengajar, penelitian, abdimas, serta pengelolaan UK Petra secara keseluruhan,” ujar Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., selaku Rektor UK Petra.

Karena pandemi Covid-19, assessment AUN-QA dilaksanakan secara daring pada 5-9 April 2021. Dalam periode ini, empat program studi yaitu Manajemen, Akuntansi, lmu Komunikasi, dan Arsitektur, mengikuti asesmen dari AUN-QA. Sebelumnya, dengan pendampingan dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), keempat prodi telah mendapatkan pembekalan melalui workshop [SSG1] terkait persiapan penyusunan dokumen SAR (Self-Assessment Report) pada 3 November 2020 lalu.

Para asesor AUN-QA berasal dari beberapa negara, diantaranya Prof. Dr. Rowena L. Escolar Chua (University of Santo Tomas, Philippines), Assoc. Prof. Dr. Sompop Prathanturarug (Mahidol Universit, Thailand), Prof. Dr. Suzeini Binti Abd Halim (University of Malaya, Malaysia), Assoc. Prof. Dr. Robert Roleda (De La Salle University, Philippines), Assoc. Prof. Dr. Kiran Kaur (University of Malaya, Malaysia), Dr. Dhiyathad Prateeppornnarong (National Institute of Development Administration, Thailand), Assoc. Prof. Dr. Amalina M. Afifi (University of Malaya, Malaysia), serta Asst. Prof. Nimit Mengveha (King Mongkut’s University of Technology Thonburi, Thailand).

Perolehan status akreditasi internasional akan membuka luas peluang bagi para alumni UK Petra untuk berkiprah di aras global. Maka dari itu, Prof. Djwantoro mengungkapkan bahwa kedepannya, prodi-prodi yang telah mendapatkan sertifikasi internasional dari AUN-QA dapat membidik akreditasi internasional lain yang relevan dengan bidang studinya.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk seluruh tim yang sudah bekerja keras menyiapkan diri untuk mengikuti asesmen AUN-QA, semua unit pendukung, termasuk juga untuk mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan yang ikut diwawancarai asesor yang berasal dari Thailand, Malaysia dan Philipina. Kita harapkan hasil terbaik dari asesmen ini, pengumuman akan disampaikan lebih kurang dua bulan mendatang,” pesan Prof. Djwantoro. (rut/Aj;gss)

 

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.