Berita

Tim Peneliti Desain Interior Beri Pelatihan Di Kampung Herbal Surabaya

Blog Single

Sebagai bentuk implementasi hasil hibah skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) dan Leadership Enhancement Program (LEAP), tim dosen Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra (UK Petra) membantu warga dalam perencanaan perpustakaan kota, pembuatan produk, dan juga pelatihan Eco Print. Tim terdiri dari tiga orang dosen Desain Interior ini yaitu Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds. (ketua tim), Diana Thamrin, S.Sn., Arch dan Ronald H.I.Sitindjak, S.Sn., M.Sn.

Salah satu kegiatannya adalah pelatihan Interior Styling Perpustakaan Herbal dan Pelatihan Eco Print. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24 April 2021 di Kampung Herbal yang berada di jalan Nginden gang VI i-RT 9/RW 5 Kelurahan Nginden Jangkungan. “Kami bersama beberapa mahasiswa tugas akhir, melihat potensi-potensi dan membantu penyelesaian permasalahan yang ada. Pengembangan desain yang kami lakukan, melihat potensi yang ada di sini, baik itu bahan maupun skill sumber daya manusia yang ada di sini,” ujar Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds., selaku ketua tim peneliti dari prodi Desain Interior UK Petra.

Kampung Herbal dipilih karena merupakan kampung yang ramah lingkungan,  memiliki banyak prestasi dengan memenangkan lomba-lomba yang bertemakan lingkungan maupun literasi, serta SDM yang kompetitif serta mau berkembang. Sebelumnya, tim peneliti dibantu oleh Perpustakaan UK Petra, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya, serta LPPM UK Petra, telah melakukan survei dan presentasi desain terlebih dahulu. Berdasarkan survei, ditemukan bahwa sarana dan prasarana yang memfasilitasi aktivitas warga serta kompetensi warganya masih perlu ditingkatkan.

Ibu-ibu di Kampung Herbal membuat alas kain jok Bench yang telah dibuat sebelumnya dengan teknik Eco Print. Bahan yang digunakan berupa daun-daunan, berasal dari kebun warga setempat, ditambah dengan pewarna alami seperti secang dan tunjung. Untuk pelatihan Interior Styling, warga menggunakan sampah plastik, untuk diolah mejadi dekorasi interior, salah satunya lampu gantung dari gelas air mineral bekas. 

Antusiasme warga Kampung Herbal sangat besar saat mengikuti kegiatan ini, baik ibu-ibu yang dengan giat membuat motif Eco Print, maupun anak-anak yang menyusun gelas air mineral menjadi lampu gantung. “Kami sangat menyambut baik kegiatan positif seperti ini, karena dapat menambah ilmu warga terutama ibu-ibu. Saya berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dan tidak berhenti hanya disini saja, karena ilmu-ilmu yang telah kami dapatkan dapat bermanfaat terutama untuk menambah perekonomian warga,” ungkap Eka sri lestari, S.Pd., selaku Kepala perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan sekaligus Ketua PKK RT 9. (rut/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.