Berita

Kepedulian Panitia Wgg Dan Lppm Uk Petra Di Tengah Masa Ppkm Darurat Bagi Warga Sekitar Siwalankerto

Blog Single

Badai pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai berdampak pada segala aspek kehidupan. Banyak yang harus melakukan isolasi mandiri hingga meninggal dunia saat terkena COVID-19. Sebagai wujud empati dan kepedulian pada masyarakat sekitar, Universitas Kristen Petra (UK Petra) yang diwakili oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan panitia Orientasi Mahasiswa Baru dengan tajuk Welcome Grateful Generation (WGG) UK Petra membagikan bantuan paket COVID-19 ke warga sekitar Siwalankerto.

“Kebetulan ada beberapa permintaan dari para tokoh masyarakat Siwalankerto untuk membantu warga sekitar karena banyak yang positif COVID-19 bahkan meninggal. Mereka membutuhkan seperti vitamin, masker dan Hand Sanitizer, maka dibantu para panitia WGG kami mengirimkan paket pada enam RW daerah Siwalankerto.”, ungkap Dr. Ribut Basuki, M.A., selaku kepala LPPM UK Petra.

Paket yang dibagikan ini berisi 85 botol Hand Sanitizer ukuran 60 ml, empat box vitacimin yang berisi @50 strip, empat box masker medis sebanyak 50 pcs dan 50 masker kain bertuliskan #BangkitBersamaUKP. Paket ini telah diterima oleh ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPKM) Siwalankerto hari Senin (19/7) lalu melalui ekspedisi.

Selain itu Program Petra Peduli Siwalankerto melalui LPPM UK Petra pada hari jumat 23 Juli 2021 juga akan menyerahkan 150 box multivitamin setara dengan 1.500 strip multivitamin, plus 90 box masker medis. Di serahkan kepada para RW didampingi Posko Tangguhnya masing-masing, disaksikan Lurah Siwalankerto dan LPMK. 

Lebih jauh lagi, saat ini sedang diproses bantuan sekitar 3000 paket makanan untuk para ISOMAN yang akan disalurkan dalam beberapa hari melalui PKK dengan memberdayakan UMKM kuliner di di Siwalankerto.

Sementara itu saat acara silahturahmi yang digelar secara daring semalam pada pukul 20.00 WIB (21/7) ketua LPMK Siwalankerto mengungungkapkan rasa bahagianya. “Saya sangat sangat berterima kasih bantuannya. Awalnya memang kami akan mengajukan permintaan dan direspon sangat cepat oleh UK Petra dan digabung dalam acara WGG mahasiswa baru UK Petra. Pemberian ini sangat tepat sesuai kebutuhan kami. Semoga wabah ini segera berakhir.”, urai Bakrie selaku Ketua LPKM Siwalankerto selama dua periode tersebut. 

Acara tersebut dihadiri oleh R. Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak selaku Wakil rektor bidang Kemahasiswaan UK Petra, Dr. Yulius Jogi Christiawan, S.E., M.Si., Ak., selaku ketua SC WGG 2021, perwakilan RW Siwalankerto, panitia WGG 2021 dan Poedi Wartono sebagai perwakilan LPPM UK Petra.

Para mahasiswa yang tergabung dalam kepanitiaan WGG UK Petra tersebut berkoordinasi dan berkolaborasi dengan LPPM UK Petra. Ditengah kesibukan mempersiapkan WGG UK Petra, panitia mahasiswa menyiapkan banyak hal mulai target kepedulian, konsep kepedulian, desain packing, desain masker khusus dengan hashtag #BangkitBersamaUKP hingga pemilihan dan pembelian barang.

“Kami sangat bahagia bisa membantu warga sekitar Siwalankerto yang terkena dampak COVID-19 meski membuat kami sibuk. Tapi pengalaman ini sangat berharga. Sebab ini adalah masalah kita bersama yang harus kita bantu bersama-sama.”, ungkap Tiffany Aurelia Ongkojoyo selaku ketua WGG UK Petra tahun 2021. Sedangkan LPPM UK Petra bertugas membagikan yang bekerja sama dengan RT-RW sekitar Siwalankerto.  (Aj/padi)

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.