Berita

Dua Mahasiswa Teknik Sipil Meraih “riza & Jenny Family Award”

Blog Single

Dua wisudawan Program Studi (Prodi) Teknik Sipil UK Petra, Christopher Gunarso dan Nathaniel Alvin, berhasil mendapatkan “Riza & Jenny Family Award” pada Maret 2020 yang lalu. Penghargaan tersebut diberikan kepada wisudawan dengan Tugas Akhir terbaik di bidang manajemen konstruksi. Lalu, apa itu “Riza & Jenny Family Award”?

Daniel Tjandra, selaku Ketua Prodi Teknik Sipil UK Petra menceritakan asal mula penghargaan ini diberikan. “Award ini diusulkan oleh Pak Riza sendiri ya. Artinya, Pak Riza sebagai alumni Prodi Teknik Sipil UK Petra, ingin memberikan sesuatu ke almamaternya,” ucap Daniel.

Riza Yosia Sunindijo merupakan alumni Teknik Sipil UK Petra angkatan 1997. Saat ini, dia menjadi salah satu pengajar senior manajemen konstruksi di University of New South Wales (UNSW). Riza berpikir bagaimana caranya memberikan award sekaligus bisa bersama-sama mengajak mahasiswa, juga dengan dosen-dosen pembimbing skripsinya, untuk menulis bersama. “Nah dari sana, diberikanlah semacam award, meskipun awardnya relatif ya, dua juta itu besar atau tidak kan relatif,” jelas Daniel.

Lalu, kenapa award ini diberi nama “Riza & Jenny Family Award”? Riza memberikan award ini atas nama keluarga. Jenny merupakan nama dari istrinya. Oleh karena itulah, penghargaan ini bernama “Riza and Jenny Family Award”.

Award ini memberikan hadiah sebesar dua juta rupiah untuk satu kelompok bimbingan skripsi. “Jadi kalau di Prodi Teknik Sipil itu satu kelompok bimbingan skripsi berdua. Nah, award dua juta itu untuk dua orang, masing-masing memperoleh satu juta,” tambah Daniel.

Untuk bisa mendapatkan penghargaan ini, mahasiswa harus menulis jurnal bertaraf internasional. Artinya, jurnal tersebut menggunakan bahasa Inggris. Jika mahasiswa bisa tembus ke jurnal internasional, hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.

Prodi Teknik Sipil sangat senang jika ada alumni yang kembali ke almamaternya untuk memberikan suatu kontribusi. Hal tersebut merupakan poin positif bagi Prodi. “Jadi sebenarnya yang sudah memberikan award itu ada dua orang lagi, ada BGA sama everbest award. Nah untuk yang Riza & Jenny Family Award ini memang yang baru,” ucap Daniel.

Sebagai Kaprodi, tentu Daniel sangat bangga dengan pencapaian mahasiswanya. Menurut alumni Teknik Sipil UK Petra angkatan 1998 ini, dosen pun belum tentu bisa menembus jurnal internasional. “Jadi kalau sampai mahasiswa berhasil, itu bisa jadi catatan khusus untuk CV mereka. Kalaupun ingin lanjut studi S2, saya yakin pasti menjadi catatan sangat positif bagi mahasiswa tersebut untuk memperoleh beasiswa,” pungkasnya. (Pat/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.