Publikasi

Dosen PSTE Memberikan Kuliah Tamu "Technology for Intelligent Buildings" di Teknik Sipil - UK Petra
13 Mei 2020

Pada 13 Mei 2020 yang lalu, salah seorang dosen Teknik Elektro, Ir. Handry Khoswanto, MT, IPM, telah memberikan kuliah tamu secara online dengan topik "Technology for Intelligent Buildings" di Prodi Teknik Sipil - UK Petra. Berbagai perkembangan teknologi terkait dengan bangunan cerdas telah dikupas pada Webinar ini.

Rekaman Webinar terkait dapat dilihat pada link berikut: petra.id/IntelligentBuilding. Semoga bermanfaat!

Baca lebih lanjut>
Teknik Elektro UK Petra Mendapatkan Akreditasi A (BAN) dan PA (International Acc.)
07 Mei 2020
Program Studi Teknik Elektro - UK Petra kembali mendapatkan akreditasi A (dari BAN - PT) yang berlaku mulai 1 April 2020 sampai dengan 1 April 2025. Selain itu, program studi ini juga mendapatkan status Provisionally Accredited dari lembaga akreditasi internasional IABEE. 
 
Status akreditasi dari lembaga sertifikasi nasional dan internasional ini menunjukkan kualitas yang unggul dari Program Studi Teknik Elektro - UK Petra. Soli deo gloria!
Baca lebih lanjut>
Tim Dosen Teknik Elektro UKP Mendapatkan Hibah Penelitian dari RISTEKDIKTI 2020
31 Jan 2020

Beberapa tim dosen Teknik Elektro UK Petra berhasil mendapatkan total 6 hibah penelitian dari RISTEKDIKTI 2020. Berikut ini daftar lengkapnya:

  • Penelitian Dasar, ketua peneliti: Indar Sugiarto, judul: "Pengenalan Penanda Suara Akrab Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan Generasi Ketiga dan Teknologi Neuromorfis"
  • Penelitian Dasar Unggulan PT, ketua peneliti: Indar Sugiarto, judul: "Studi Algoritma Multi Obyektif dan Implementasinya dalam Bentuk Perangkat Komputasi Modular Berperforma Tinggi"
  • Penelitian Terapan Unggulan PT, ketua peneliti: Felix Pasila, judul: "Sistem Kontrol dan Notifikasi untuk Menjaga Kualitas Air"
  • Penelitian Terapan Unggulan PT, ketua peneliti: Handy Wicaksono, judul: "Sistem Cerdas Terintegrasi untuk Mendukung Layanan Home Care bagi Lansia"
  • Penelitian Terapan Unggulan PT, ketua peneliti: Ir. Resmana Lim, M.Eng., judul: "Impressed Current Cathodic Protection pada Beton Bertulang dengan Penggunaan Carbon FRP Laminate sebagai Anode"
  • Penelitian Terapan Unggulan PT, ketua peneliti: Ir. Resmana Lim, M.Eng., judul: "Pengembangan Perangkat Automatic Meter Reading Utilitas Berbasis Internet of Things"

Hibah penelitian yang didapatkan akan bermanfaat untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas. Tim dosen juga akan melibatkan mahasiswa dalam pengerjaan hibah penelitian, sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman meneliti sedari dini.

Selamat untuk para penerima hibah.

Baca lebih lanjut>
Tim Mahasiswa PSTE UKP Menjadi Juara 2 Lomba Pemrograman PLC Nasional 2019
28 Okt 2019

Tim mahasiswa Teknik Elektro - UK Petra yang terdiri dari: Joshua Alexander Heriyanto dan Rio Yoan Virgian berhasil meraih Juara 2 pada “Lomba Karya Teknologi (LKT) 2019 - Divisi Programmable Logic Controller (PLC) Tingkat Mahasiswa”. Lomba mahasiswa tingkat nasional ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro – Universitas Surabaya, bertempat di Kaza Mall pada 26 – 27 Oktober 2019. Total ada 5 tim mahasiswa yang mengikuti lomba ini dengan dibimbing oleh dosen Handy Wicaksono, S.T., M.T. 

Baca lebih lanjut>
Dosen Teknik Elektro - UK Petra Raih Juara 3 Dosen Berprestasi LLDIKTI 7
17 Agu 2019

Felix Pasila, S.T., M.Sc., Ph.D., dosen Teknik Elektro UK Petra, meraih Juara 3 Dosen Berprestasi kategori Sains dan Teknologi LLDIKTI 7. Penghargaan diserahkan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah 7 pada 17 Agustus 2019. Doktor lulusan University of Bologna ini dikenal aktif melakukan publikasi ilmiah dan telah menghasilkan banyak karya dengan HAKI. Penghargaan ini menunjukkan SDM dosen program studi Teknik Elektro diakui kualitasnya di tingkat nasional. 

Baca lebih lanjut>
Pengembangan Renewable Energy
30 Jan 2018

Dalam rangka pengembangan pemanfaatan renewable energy, mahasiswa dan dosen Prodi Teknik Elektro melakukan study ke PLMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) Sengkaling pada tanggal 18 Januari 2018.

Kunjungan ini sekaligus merupakan langkah awal dalam melakukan kerjasama dengan UMM di bidang penelitian dan pengembangan PLTMH

 

Baca lebih lanjut>
Kepedulian Alumni kepada Almamater
22 Jan 2018

 

Kepedulian Alumni Teknik Elektro UK Petra terhadap kemajuan Prodi Teknik Elektro diwujudkan dalam bentuk sumbangan 4 unit Panel Programmable Logic Controller (PLC) yang berguna sebagai modul praktikum mahasiswa.

Penyerahan secara simbolik dilakukan oleh Ketua Panitia Reuni Akbar Teknik Elektro 2017 (Tjitrosutardjan Agung – angkatan 83) pada saat Temu Alumni tanggal 20 Oktober 2017 yang diadakan di Ruang Rapat Teknik Elektro

Modul PLC yang diserahkan merupakan contoh dari PLC kelas industri (industrial grade) yang memiliki beragam fitur mutakhir seperti: memiliki output analog, hal ini adalah istimewa karena PLC pada umumnya tidak memiliki output analog yang built-in. PLC dilengkapi pula dengan kemampuan Ethernet sehingga memungkinkan IOT (Internet of Things) dan fitur Wireless Application Protocol yang memungkinkan PLC ini berfungsi IOT tanpa kabel.

Temu Alumni merupakan wadah berkumpulnya Alumni dalam menyampaikan aspirasi, salah satunya bagi kemajuan Program Studi. Temu Alumni diadakan sebulan sekali

Baca lebih lanjut>
Juara I Lomba PLC IARC 2016
15 Jan 2018

Selamat buat David Imani Nugroho & Ivan Hendrayanta Susilo (2012) yang telah berhasil meraih juara I Lomba PLC (Programmable Logic Controller) for University pada even IARC (Industrial Automation & Robotic Competetion) 2016 yang diadakan di Robotics Building ITS pada tanggal 8 - 10 April 2016

Baca lebih lanjut>
Study Ekskursi Ke Gardu Induk Waru & Pusat Pengatur Beban Jawa Timur
15 Jan 2018

Untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dalam hal penerapan ilmu elektro, pada tanggal 25 Pebruari 2016 Prodi Teknik Elektro mengadakan Study Ekskursi ke Gardu Induk (GI) Waru dan Pusat Pengatur Beban Jawa Timur. Acara ini diikuti oleh 43 mahasiswa dari berbagai angkatan.

Di GI Waru, mahasiswa memperlajari proses aliran listrik dari saluran transmisi menuju ke saluran distribusi primer dan sekunder serta mempelajari peralatan di Gardu Induk.

Di Pusat Pengatur Beban, mahasiswa memperlajari bagaimana PLN menggunakan SCADA untuk mengendalikan beban dan pembangkit yang ada di jaringan interkoneksi Jamali (Jawa Madura Bali).

Baca lebih lanjut>
Pameran di Ciputra World dalam rangka ICERO – IT Smart
15 Jan 2018

Untuk lebih mengenalkan ilmu elektro ke masyarakat, pada tanggal 26 s/d 28 Pebruari 2016 Prodi Teknik Elektro mengikuti pameran di Ciputra World dalam rangka ICERO - IT Smart. Di pameran ini ditampilkan beberapa karya mahasiswa untuk memberikan edukasi ke anak-anak mengenai dunia elektro

Baca lebih lanjut>
Kurikulum Berbasis SNPT
15 Jan 2018

Mulai semester gasal 2016 - 2017 Program Studi Teknik Elektro menerapkan Kurikulum Berbasis SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi). Kurikulum ini mempersiapkan dan melengkapi mahasiswa untuk siap bersaing di pasar global. Sosialisasi kurikulum ini dilakukan pada tanggal 19 Pebruari 2016 yang dihadiri oleh mahasiswa & dosen Teknik Elektro

Baca lebih lanjut>
Lulus Cumlaude dalam 7 semester
15 Jan 2018

Selamat buat Rafael Bogdan (23412020) yang telah menyelesaikan pendidikan S1 Program Studi Teknik Elektro dengan predikat Cumlaude dalam 7 semester

Baca lebih lanjut>
Research grant
15 Jan 2018

Selamat buat Bapak Hanny H. Tumbelaka, Ph.D. yang mendapatkan research grant dari Fulbright untuk melakukan penelitian selama 3 bulan (Jan-Apr 2016) di National Renewable Energi Laboratory (NREL) di Golden, Colorado, USA

Baca lebih lanjut>
Juara III Lomba Robot Bowling Advance
15 Jan 2018

Selamat buat Nadua Joelmettu & David Ishak Kosasih yang telah berhasil meraih juara III Lomba Robot Bowling Advance pada even Mechatronics, Robotic and Automation Competition 2015 yang diselenggarakan dalam rangka Industrial Mechatronics and Automation Competition 2015 di ITS

Baca lebih lanjut>
Juara III Lomba Smart Relay Advanced
15 Jan 2018

Selamat buat Andreas Rahardjo & Taya Romand Keinejo yang telah berhasil meraih juara III Smart Relay Advanced pada even Siemens SciTech Competition 2015 yang diselenggarakan dalam rangka Industrial Mechatronics and Automation Competition 2015 di ITS

Baca lebih lanjut>
Juara I Lomba PLC IARC 2015
15 Jan 2018

Selamat buat David Imani & Hans Prasetya Cokro (2012) yang telah berhasil meraih juara I Lomba PLC (Programmable Logic Control) pada even IARC 2015 (Industrial Automation & Robotic Competition) yang diadakan di Gedung Robotika ITS pada tanggal 28 April 2015

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-16 dari 16 item.