Kurikulum

Lulusan Program Studi Teknik Elektro - Universitas Kristen Petra diharapkan mempunyai profil sebagai berikut:

Sarjana Teknik Elektro yang mampu menerapkan pengetahuan dan keahliannya dalam menjawab tantangan di bidang Teknik Elektro serta memiliki HIKMAT (Hikmat, Integritas, Kompeten, Mandiri, Adaptif, Terampil) dan berjiwa teknopreneur

Untuk mencapai profil tersebut, rumusan capaian pembelajaran lulusan Program Studi Teknik Elektro Universitas Kristen Petra adalah:

  1. Memegang teguh perspektif hidup Kristen dan nilai-nilai Kristiani.
  2. Menghayati profesi dan kepemimpinan sebagai panggilan mulia yang harus dijalankan dengan sepenuh hati.
  3. Mampu untuk bertanggung jawab atas keputusan engineering di bidang teknik elektro secara profesional, etik dan sosial
  4. Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains dasar, dan teknologi informasi untuk memahami perkembangan teknologi elektro.
  5. Mampu mendesain sistem untuk memenuhi kebutuhan industri dengan memanfaatkan sumber daya dan kearifan lokal.
  6. Mampu melakukan kegiatan eksperimental yang dapat diobservasi (pengukuran, pengolahan data, dan analisa)
  7. Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan di bidang Teknik Elektro.
  8. Mampu mempertanggungjawabkan hasil perencanaan dan pencapaian kerja serta melakukan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan.
  9. Memiliki kesadaran akan kebutuhan dan kemampuan untuk belajar sepanjang hayat.
  10. Mampu berkomunikasi lisan dan tertulis secara efektif.
  11. Mampu bekerjasama dalam tim serta memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan.
  12. Mampu memilih dan menggunakan perangkat keras dan lunak yang sesuai dalam praktek keteknikan.
  13. Memiliki jiwa teknopreneur

Saat ini, Program Studi Teknik Elektro - Universitas Kristen Petra menyelenggarakan program S1 dengan jumlah sks sebesar 144 sks dan terbagi menjadi 3 bidang studi, yaitu:

  1. Bidang Studi Teknik Energi Listrik, dengan fokus utama: energy conversion, power system distribution, power system usage and control in industry.
  2. Bidang Studi Teknik Elektronika, dengan fokus utama: industrial electronics, control and automation, instrumentations, microprocessor systems, robotics, device and systems.
  3. Bidang Studi Telematika, dengan fokus utama: computer network (technology & management), embedded network/internet, multimedia processing, telematic/mobile applications (broadband internet, cellular data).


Dari ke-144 sks tersebut, 14 sks tergolong mata kuliah umum (MKU) yang diselenggarakan oleh Departemen Mata Kuliah Umum (DMU), 5 sks - Mata Kuliah Technopreneur yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan 125 sks adalah mata kuliah wajib dan pilihan yang diselenggarakan sendiri oleh Prodi Teknik Elektro. Yang tergolong MKU adalah: Etika, Etika Profesi, Filsafat Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia. Sedangkan Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan diselenggarakan berdasarkan bidang peminatan di atas dengan komposisi sebagai berikut.


Bidang Studi                MK Wajib    MK Pilihan
Teknik Energi Listrik     120 sks       24 sks
Teknik Elektronika        120 sks       24 sks
Telematika                     120 sks       24 sks

Klik untuk melihat

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
Data mata kuliah tidak ditemukan